Pegal Linux

Setting IP address di Linux Centos ..

 


        Sebenernya niat gak niat sih ngepost Soal Linux , ahahaha . Ngepost postingan ini bukan pilihan , tapi takdir . Iya takdir tugas kuliah 😦 . Yah anggap aja ini penyimpangan 😛


 
Melalui tampilan GUI, langkah-langkahnyeee adalah :


        Untuk melihat pengaturan IP address melalui tampilan GUI dengan cara klik Menu System, kemudian pilih Administration, lalu klik Network. Maka akan muncul tampilan berikut :


 
        Setelah muncul gambar , double klik pada garis yang berwarna biru . Selanjutnya akan muncul tabel dialog seperti dibawah ini :

 

        Kalo sudah muncul gambar , plis gausah saling pandang , takutnya jatuh cinta pada pandangan monitor 😦 . Mending isi IP address , subnetmask, sama default gateway address yang ingin digunakan . Lalu klik pada button file dan save .


 

        Setelah itu kembali ke Terminal . Ketik perintah #/etc/sysconfig/network scripts . lalu buka file melalui editor Vi pake perintah vi ifcfg-eth0. Kemudian isikan script berikut ini :

DEVICE=eth0
BOOTPROTO=static
BROADCAST=192.168.1.255
IPADDR=192.168.16.199
NETMASK=255.255.255.0
NETWORK=192.168.1.0
ONBOOT=yes
TYPE=Ethernet
 

        kalo udeh simpan lalu keluar dengan menggunakan :wq.
Restart jaringan dengan perintah #/etc/init.d/network restart.

 
        kalo smua udeh OK , cek kembali dengan perintah ifconfig , apakah IP address udeh berubah apa belom .

 

Insya Allah benar 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: