Lihatlah Kebaikan Orang Lain.


      Banyak orang yang baru putus pacaran biasanya sakit hati sama si mantan, termasuk gue. Banyak dari golongan ini biasanya mencari keburukan dari si mantan lalu diceritakan ke orang lain, termasuk gue. Rasa sakit hati tanpa sadar membawa stigma buruk bagi mereka yang ngerasa sakit hati, termasuk gue.

 

      Gue gak munafik, gue pernah kayak gitu. Dan gue sadar, mengumbar emosi kepada teman ataupun lewat perantara social media adalah sebenar-benarnya perbuatan bodoh. Belajar dari itu, gue mulai memperbaiki diri. Gue yang sekarang lebih senang meluapkan rasa sakit hati untuk kegiatan yang ada manfaatnya. Semisal futsal dan sepakbola, sehat brooooo!. Derajat bermain futsal dan sepak bola sebagai sesuatu pengalihan emosi lebih tinggi daripada hanya cuap-cuap gak jelas di social media. Camkan!

 

      Buat apa emosi?. Buat apa kesel karena 1 keburukan?. Iya, faktanya orang akan lebih ingat 1 keburukan dibanding 1000 kebaikan. Rasanya gak adil. Coba lihatlah kebaikan orang lain. Anjuran ini sama sekali gak bermaksud agar kita selalu menyenangkan orang lain. Kenapa?. Gue sangsi bisa ngelakuin itu.

 

      Kalau semua orang senang mencari sisi buruk orang lain, buat gue dunia gak ubahnya kayak segerombolan ‘bola salju’ kebingungan. Kita semua bakal berhadapan face to face dengan puluhan nasehat, ratusan saran bahkan ribuan caci maki. Selalu melihat keburukan orang lain, gak beda kayak gue ngeliat diri gue baru bangun tidur, kusam.

 

      Coba deh liat kebaikan orang lain, termasuk kebaikan mantan yang pernah nyakitin sekalipun. Gue yakin, hidup akan jauh lebih menyenangkan. Kita bakal punya lebih banyak waktu buat menikmatinya. Contoh deh perumpamaan, gue suka makan buah jeruk. Sekali waktu gue pernah nyoba makan kulitnya, pahit, langsung gue buang. Trus gue makan isinya, beuuuh rasanya kayak gue makan isi buah jeruk yang kulitnya gue buang.

 

      Inti dari perumpamaan buah jeruk itu, gue berusaha belajar dari alam. Gue ngupas dan ngebuang kulit jeruk yang pahit untuk mereguk kesegaran buah jeruk. Kita semua gak suka keburukan, maka singkirkan. Kita mencari kebaikan, maka carilah. Dan temukan itu pada setiap orang yang hadir dalam hidup kita. Termasuk keburukan mantan yang pernah kita sayang. Hidup akan jauh lebih indah, bro.

Tinggalkan Balasan

